DESA SINGKIL OPTIMIS RAIH JUARA LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN

oleh

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM

Masuk nominasi 8 besar tingkat Kabupaten, Desa Singkil Kecamatan Balong optimis menjadi juara dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten Ponorogo. Hal tersebut terlihat saat seluruh elemen Desa Singkil menyambut Tim Penilai Lapang, Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Balai Desa Singkil, Rabu (12/04).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Singkil, Arifien Mujahidin menyampaikan pihaknya tidak meminta juara, namun apabila status juara layak disematkan kepada Desa Singkil maka seluruh masyarakat Desa Singkil siap mewakili Kabupaten Ponorogo untuk berlomba di tingkat Jawa Timur dan tingkat Nasional. “Desa Singkil memiliki banyak potensi, yang tidak dimiliki desa lain, kami mempunyai sentra pembuatan Panah dan anak panah, industri kreatif, termasuk pengolahan buah naga, rampah-rempah instan dan struktur organisasi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang rapi”, jelas Arifien Mujahidin.

Selain itu, pengelolaan dana desa yang maksimal untuk infrastruktur, pembangunan BUMDes, pengelolaan posyandu Balita dan Lansia serta pembinaan UKM, sambung Arifien.




“Harapan kami dengan adanya lomba desa ini adalah terwujudnya persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Singkil sehingga mampu bekerja maksimal untuk keluarga dan lingkungannya sehingga secara bertahap dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa Singkil”, pungkas Arifien Mujahidin.

Sementara menurut Ketua Tim Penilai Lomba Desa, yang juga Sekretaris Dinas Bapemas Pemdes atau yang sekarang menjadi PMD, Drs Siswondo, tujuan diadakannya lomba desa adalah untuk meningkatkan partisipasi gotong royong yang akhir-akhir ini mulai memudar. “ Selain itu untuk meningkatkan kerja sama antara masyarakat, BPD, LPMD dengan dunia usaha, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa”,ujar Siswondo.

Untuk penilaian dititikberatkan selama dua tahun terakhir ini yaitu, bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dengan 17 indikator. Kami harapkan dengan bidang dan indikator yang telah ditetapkan dapat terpenuhi, maka desa yang bersangkutan merupakan desa ideal sehingga masyarakat yang hidup di tempat tersebut dapat terlayani dalam setiap segi kehidupannya, pungkas Siswondo.(YAH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *