RASTRA MULAI DISALURKAN, STOK BERAS AMAN HINGGA 15 BULAN KEDEPAN

oleh

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Bulog Sub Divre Ponorogo yang meliputi Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Magetan siap menyalurkan jatah beras sejahtera atau rastra (istilah baru untuk raskin) tahun 2017 pekan depan. Adapun jumlah rastra tahun ini untuk Ponorogo khususnya sebesar 12.270.760 Kg kepada 66.171 keluarga penerima manfaat (KPM) di 21 kecamatan.

‎”Penyaluran rastra tiga bulan ini dirapel, mengingat pagu di awal karena keputusan pemerintah baru turun. Akhirnya rastra dirapel Januari, Februari, Maret di April 2017 ini. Kami menunggu surat penetapan dari Bupati untuk menyalurkan beras sejahtera tersebut,” ujar Kepala Bulog Subdivre Ponorogo, Muhammad Rudi Prasetya, SE saat menerima koran ini di ruang kerjanya, Kamis (06/04).
Menurut Rudi, rastra tersebut diperuntukan bagi KPM yang masing-masing mendapat jatah 15 kg/KPM. Harganya dibaderol Rp 1.600/kg.



“Jumlah pagu rastra ini berkurang sebenarnya karena ada program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), tapi tidak begitu signifikan pengurangannya”,jelas Rudi.
Rudi menjelaskan, rastra tersebut berkurang karena saat ini tidak ada raskin reguler di perkotaan. Di kota diganti dengan paket BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).‎ BPNT merupakan pola lain bantuan langsung untuk KPM.
“Program BPNT, kerja sama bank dan Dinsos. Itu berupa paket beras, gula, minyak goreng. Berasnya medium plus, lebih baik dari medium. Tergantung dengan kartunya,” ujar dia.
Sementara untuk stok beras di wilayahnya, Bulog sub divre Ponorogo menjamin aman. “stok kita aman hingga 15 bulan kedepan dengan total 30.000 ton, apalagi ini terus bertambah karena Ponorogo dan sekitarnya panen sepanjang tahun dan kita menyerap setiap hari 500 ton untuk 3 kabupaten, yaitu Pacitan, Ponorogo, dan Magetan”,pungkas Rudi. (YAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *