Puluhan Ekor Ayam di Madiun Mati Mendadak

Tidak ada komentar 223 views

Ilustrasi ayam mati. (Foto: Sindonews)

MADIUN, Madiunraya.com – Puluhan ekor ayam di Kelurahan Rejomulyo, Kota Madiun, Jawa Timur, mati mendadak sehingga membuat warga setempat resah.

Seorang warga di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Sunarsih kepada wartawan di Madiun, Selasa, mengatakan sejak beberapa hari terakhir banyak ayam peliharaannya mati mendadak tanpa diketahui sebabnya.

“Dalam seminggu ini ada sekitar 50 ayam saya mati mendadak. Gejalanya bangkainya biru-biru,” ujar Sunarsih.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ia terpaksa membakar puluhan ayamnya yang mati tersebut karena takut dengan sebaran virus flu burung.

“Supaya aman dan tidak tertular virus yang membahayakan, saya membakar unggas yang mati mendadak tersebut,” kata dia.

Sunarsih mengklaim mengalami kerugian hingga ratusaan ribu rupiah karena ayamnya yang mati mendadak merupakan jenis ayam bangkok.

“Yang mati itu macam-macam umurnya. Ada yang jago (jantan), babon (betina), dan ada juga yang baru umur empat bulan. Pokoknya rugi,” katanya.




Ia mengaku sudah menjaga kandang ayamnya dengan bersih. Terbukti selama ini ayam-ayamnya tidak pernah sakit.

Ia mengatakan ingin petugas dari dinas terkait meninjau ke lapangan dan melakukan upaya penyemprotan karena ia cemaas jika kematian ayamanya tersebut diakibatkan oleh virus flu burung.

Kondisi yang sama juga terjadi untuk ayam peliharaan sejumlah tetangganya. Meski tidak sebanyak miliknya, namun juga banyak yang mati mendadak.

“Kalau bisa petugas dari Dinas Pertanian Kota Madiun turun ke lokasi melakukan pengecekan agar jelas matinya karena penyakit apa,” kata dia.

Ia mengaku cemas jika sebaran virus yang belum diketahui tersebut semakin meluas sebab akan menyebabkan ayam-ayamnya sakit dan tambah banyak yang mati. (MR01/ant)