PERMASALAHAN CLEAR, PERHUTANI DUKUNG PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG BERUK

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Polemik tentang pengelolaan kawasan wisata Gunung Beruk, Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong berakhir sudah. Pihak Perhutani yang memiliki lahan tempat tersebut mempersilahkan pihak Desa Karang Patihan untuk mengembangkan tempat tersebut untuk dijadikan kawasan wisata. Hal tersebut disampaikan oleh ADM KPH Lawu Ds, Yono Cahyono yang hadir dalam rembug bersama di tempat wisata Gunung Beruk, Selasa (28/03).
Hadir dalam acara tersebut, jajaran Perhutani KPH Lawu Ds yang dikomandoi ADM nya, Yono Cahyono, Ketua Pokdarwis Ponorogo, Anam Ardyansyah, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Ponorogo, Agus Bimo Aji, Kepala Desa Karang Patihan, Eko Mulyadi dan Karang Taruna Desa Karang Patihan.

Menurut ADM KPH Lawu Ds, Yono Cahyono, pihaknya mengharapkan wisata Gunung Beruk memberikan kontribusi dan pendapatan yang nyata bagi warga masyarakat sekitar. “Untuk itu Perhutani membuka diri sehingga tercipta kerja sama yang baik, sedangkan untuk permasalahan yang kemarin sudah clear dan selesai”, tegas Yono.
Untuk langkah kedepan kita lakukan Mou dengan memperhatikan hak dan kewajibannya masing-masing dapat terpenuhi, intinya saya berharap masyarakat disekitar Gunung Beruk dapat makmur dan sejahtera, sambung pria asal Majalengka tersebut.
“Target Mou yang akan kita laksanakan paling lambat satu bulan ini sudah bisa dilakukan, kemudian akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang mengatur hal teknis termasuk bagi hasil dan lain sebagainya, pokoknya secepatnya kita lakukan supaya semua pihak terutama masyarakat dapat merasa tenang”,pungkas Yono Cahyono.
Sementara Ketua Pokdarwis Ponorogo, Anam Ardiansyah, menyampaikan apresiasi atas kesepakatan yang telah dicapai antara Perhutani dengan pengelola wisata setempat. “Kita menyambut gembira dengan arahan ADM KPH Lawu Ds tadi yang sangat memberikan keleluasaan kepada kita untuk mengembangkan potensi wisata alam yang sebagian besar lahannya dimiliki oleh Perhutani”, ujar Anam.



Tentunya kita akan mengikuti regulasi dan aturan yang ada sehingga semua pihak dapat berjalan sesuai dengan koridornya dan kita sebagai pelaku wisata dapat mengembangkan secara maksimal dalam mengelola kawasan wisata sebagai upaya mendukung Program Bupati Ipong Muchlissoni untuk meningkatkan PAD Ponorogo dari sektor wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo, pungkas Anam.
Ketua LMDH Ponorogo, Agus Bimo Aji juga menyambut gembira atas kerja sama yang telah dilakukan, dan mendukung upaya Pokdarwis dalam mengembangkan wisata di Ponorogo. “Kita akan bekerja sama dan terus berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Pokdarwis supaya hutan dan desa yang memiliki potensi wisata dapat dikembangkan dengan baik sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ujar Agus. (YAH)