KECAMATAN PUDAK MENUJU KECAMATAN AGRO WISATA

oleh

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo menyimpan potensi agro wisata yang luar biasa, apabila dikembangkan maka kecamatan tersebut mampu menjadi daerah agrowisata. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Pudak, Kusni, S.Sos, MM di ruang kerjanya, Senin (30/01).
“Pelan tapi pasti, saya yakin Kecamatan Pudak akan menjadi daerah Agrowisata yang diperhitungkan di regional Jawa Timur, tercatat di tahun 2016, Kecamatan Pudak memiliki 3.722 ekor sapi perah yang mampu menghasilkan 35.000 liter susu segar setiap harinya”, ujar Kusni.
Kecamatan Pudak yang memiliki luas 4.891,10 Hektar ini juga menghasilkan sayur mayur seperti bawang prei, kentang, kol, kubis, wortel, kapri dan sayur yang lainnya. Termasuk dengan hasil perkebunan seperti cengkih juga menjadi aset yang sangat luar biasa, sambung Kusni.
“Tempat wisata di Kecamatan Pudak juga sangat banyak seperti air terjun Coban Lawe di Desa Krisik, Kayangan di Desa Pudak Kulon, Tanah Goyang di Desa Pudak Wetan, dan wisata religi seperti makam Eyang Sepet Aking pendiri Pudak dan masih banyak yang lainnya”,urai Mantan Sekcam Pulung ini.
Namun ada beberapa kendala dalam membuat potensi yang dimiliki Kecamatan Pudak, seperti sayur mayur yang berasal dari Pudak namun begitu sampai di Pasar Songgolangit dikatakan berasal dari Sarangan, untuk itu kita akan membuat pasar sentra sayur di Kecamatan Pudak yang menjual sayur langsung dari petani, urai Kusni.



“Untuk susu, kita akan mengusulkan agar berdiri Pabrik pengolahan susu seperti Nestle dan pabrik yang lain sehingga harga susu mentah yang selama ini hanya Rp 3.000 – 4.000 dapat naik menjadi Rp 6.000/ liter. Selain itu kita akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Usaha Mikro dalam membantu menguruskan ke BPOM untuk produk yang telah dihasilkan dari susu sapi segar”, lanjut Kusni.
Sedangkan akses wisata yang ada, kita akan membangun infrastruktur jalan yang memudahkan para wisatawan mengunjungi tempat wisata yang ada, termasuk terus mengintensifkan wacana membangun jalur pintas menuju Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri yang memang berbatasan dengan Kecamatan Pudak ini, sambungnya.
“Harapan kami dengan semua program yang kita laksanakan mampu mengangkat kesejahteraan warga Pudak menjadi lebih sejahtera dan sama dengan visi Bupati yaitu menjadi lebih berbudaya, nasionalis dan religius”, tutup Kusni.(YAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *