ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PONOROGO SEMANGAT DAN KREATIF

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Ratusan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang mengikuti acara Gebyar Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus nampak antusias dan bersemangat, Kamis (26/01).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo dan dipusatkan didepan paseban alun-alun Ponorogo tersebut dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Drs H. Ipong Muchlissoni dan jajarannya dengan agenda jalan santai, pentas seni dan pameran karya anak berkebutuhan khusus.
Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Sudarto, M.Pd, “Acara ini merupakan acara perdana yang diikuti oleh 22 sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMK dan akan diagendakan setiap tahun dengan tujuan menjadikan Kabupaten Ponorogo menjadi Kabupaten Inklusi”, ujar Kepala SMP Satu Atap Jambon ini.
Harapan kami dengan acara ini membuat sekolah-sekolah yang ada di Ponorogo mampu menjadi sekolah inklusi yang mau menerima anak berkebutuhan khusus dapat mengenyam pendidikan di semua sekolah, karena sebagai anak negeri mereka juga berhak mendapatkan pendidikan yang setara dengan anak-anak yang lainnya, pungkas Sudarto.
Sementara dalam wawancaranya, Kepala Dinas Pendidikan, Dra Tutut Erliena, M.Pd menyampaikan bahwa acara di hari ini merupakan acara yang sangat ditunggu. “Selanjutnya kita membuat regulasi agar anak-anak yang berkebutuhan khusus di Ponorogo dapat terdata dengan menyeluruh dan memperbanyak sekolah inklusi sehingga semua anak-anak yang berkebutuhan khusus dapat menikmati sekolah tanpa kecuali, sampai dengan saat ini jumlah ABK kurang lebih 500 anak”, ujar Tutut.



Dan dalam sambutannya, Bupati Ponorogo, Drs H. Ipong Muchlissoni menyampaikan bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus tidak perlu tidak minder. “Tetap semangat dan terus belajar karena masa depan ditentukan oleh semangat dan kerja keras kita diusia muda, siapapun kita dan bagimanapun kita di saat ini”, ujar Bupati.
Tirulah semangat Lionel Mesi yang disaat kecil juga berkebutuhan khusus namun karena kerja keras dan semangat tak kenal menyerah maka saat ini menjadi pemain bola yang hebat dan pernah menjadi pesepak bola terbaik di dunia, lanjut Bupati Ipong.
“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Ponorogo akan menyediakan anggaran untuk menjadikan anak-anak berkebutuhan khusus lebih mendapat perhatian dan tidak tertinggal dalam pendidikannya serta mampu merangsang tingkat kreatifitas yang lebih baik lagi”, pungkas Bupati.
Usai membuka gebyar kreatifitas anak berkebutuhan khusus dengan menggunting balon serta memberangkatkan jalan santai dengan mengibarkan bendera, Bupati Ipong dan jajarannya menyalami satu-per satu anak berkebutuhan khusus. Tidak sedikit pejabat yang mencucurkan air mata saat bersalaman dengan anak-anak berkebutuhan khusus namun tetap semangat dan gembira. (gin)