Ngeri, 60 Kasus HIV/AID Landa Kabupaten Madiun Selama 2016

oleh

MADIUN, Madiurnraya.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun, Jawa Timur menemukan 60 kasus baru penderita HIV/AIDS di wilayah setempat selama Januari hingga awal Desember 2016.

“Jumlah penemuan kasus baru HIV/AIDS ini tergolong tinggi. Diperkirakan jumlah sebenarnya di masyarakat dapat lebih banyak lagi, karena sebaran penyakit tersebut merupakan fenomena gunung es,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Soelistyo Widyantono dalam acara sosialisasi pencegahan HIV/AIDS Kabupaten Madiun dalam rangka memperingarti Hari AIDS Sedunia di Caruban, Selasa.

Menurut dia, dari puluhan temuan kasus baru tersebut, ada yang masih merupakan kasus HIV, namun ada juga yang telah positif AIDS.

Dinkes disebutnya akan terus intensif melakukan pemeriksaan penyaringan (screening) guna mencari kasus baru HIV/AIDS di wilayah kerjanya agar dapat segera diobati.

Pemeriksaan cepat tersebut akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan secara mandiri atau bekerja sama dengan PMI dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).




Sulis, sapaan akrabnya, merasa prihatin dengan tingginya kasus penyakit HIV/AIDS di wilayah kerjanya.

Data Dinkes Kabupaten Madiun mencatat, secara total jumlah penderita HIV/AIDS di wilayah setempat sejak ditemukan pertama kali tahun 2002 hingga awal Desember 2016 telah mencapai 475 orang, dengan 163 ODHA di antaranya telah meninggal dunia.

Ia menjelaskan dari sejumlah kasus yang ada, penularannya didominasi akibat hubungan seksual, baik dengan pasangan yang sah maupun tidak. Penularan paling banyak terjadi pada kaum ibu rumah tangga yang mencapai 21 persen. (MR01/antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *