Polda Jatim Ungkap Penipuan Bahan Bangunan Online

Tidak ada komentar 165 views

penipuanSURABAYA, Madiunraya.com – Jajaran Polda Jawa Timur mengungkap penipuan penyediaan bahan bangunan lewat “online” atau daring dan membekuk tersangka Z dan ZM di Kedurus Dukuh I No 46 Surabaya.

Kasubbid Penma Bidang Humas Polda Jatim, AKBP EKo Hengky di Mapolda Jatim, Senin mengatakan, kronologi kejadian bermula dari korban dari CV Duta Persada mencari penjual pipa tembaga dengan merek Kembia dan menemukan website tersangka dengan nama CV Toko Baja Indonesia.

“Pada 22 Juli 2016 korban melalui Direktur Imam Sayuto Kuncorosakti melakukan konfirmasi pembayaran atas pembelian sejumlah barang dan tersangka berjanji barang tersebut akan dikirim pada 23 Juli 2016, namun hingga saat ini barang yang dipesan tak juga diterima oleh korban,” katanya.

Hengky menambahkan, modus operandi yang digunakan tersangka ialah tersangka dua orang ini mendirikan CV kemudian dimasukkan dalam website dan disebarkan dengan harapan akan ada korban yang mengonfirmasi atau mentransfer sejumlah uang untuk kemudian membeli barang-barang yang ada dalam website tersebut, namun barang-barang tersebut tidak ada.


“Untuk memperlancar aksinya, tersangka mengiklankan website-website yang telah dibuat dengan menjadi anggota prioritas atau berbayar di beberapa jasa pengiklan antara lain network dan indotrading,” katanya.

Selain berisi gambar besi dan baja, website tersebut juga mencamtumkan nama email, nomor telepon dan nomor rekening dengan harapan jika calon korban tertarik bisa langsung berkomunikasi. Selain itu tersangka juga mengirim daftar harga dan invoice kepada korban.

“Dari tangan tersangka Z, polisi mengamankan satu unit laptop, dua buah telepon genggam, satu unit modem, satu unit falshdisk, dua kartu ATM dan satu bendel catatan nomor telpon, nomor rekening, alamat email dan website,” katanya.

Sementara dari tangan ZM polisi menyita satu unit laptop, enam unit telpon genggam, satu flashdisk, dua unit kartu ATM.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 28 ayat 1 jo. Pasal 45 ayat 2 UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (MR01/antara)