KEDATANGAN JAMAAH HAJI PONOROGO DISAMBUT ISAK TANGIS KELUARGANYA

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Kedatangan 352 haji asal Ponorogo itu disambut dengan suasana haru dan isak tangis keluarganya di depan Kantor Kemenag Ponorogo, Kamis (22/9) dini hari.
Kepala Kemenag Ponorogo, H. Hadi Mukarom, bersama Wakil Bupati Ponorogo, Drs H. Sudjarno, MM beserta pengurus IPHI Ponorogo berbaur dengan ratusan orang menunggu kedatangan jemaah haji asal Ponorogo.
Suasana haru dan isak tangis tidak terbendung dalam malam penjemputan jemaah haji itu. Terlihat beberapa warga juga mengangkut barang bawaan jemaah haji dan botol minuman yang berisi air zam-zam.
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Ponorogo, Suntoro, mengatakan total jemaah haji asal Ponorogo yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 353 orang. Namun, dalam proses ibadah haji ada satu orang yang meninggal dunia pada hari pertama di Tanah Suci, yaitu Senen bin Dono Medjo, 79. Warga Ponorogo itu meninggal dunia di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (12/9/2016) karena tekanan darah tinggi dan acute miocard infark (AMI).
Dia mengatakan selain satu orang meninggal dunia, untuk 352 haji asal Ponorogo selamat dan sehat hingga sampai ke Tanah Air. “Sejauh ini seluruh jemaah haji asal Ponorogo sehat dan tidak ada yang pulang dengan naik mobil ambulan seperti tahun sebelumnya. Semuanya sehat,” ujar Suntoro.
Suntoro menyampaikan sejauh ini tidak ada jemaah haji asal Ponorogo yang terindikasi terkena penyakit berbahaya, seperti terkena virus Zika maupuan Mers. Dia mengatakan ketika ada jemaah haji yang terkena virus berbahaya tentu akan ditahan di Embarkasi Surabaya.
Lebih lanjut, jemaah hasi asal Ponorogo juga akan dikontrol selama dua pekan sejak kepulangannya di Tanah Air. Petugas dari Puskesmas akan melakukan kontrol rutin kepada jemaah haji.
“Antisipasi tetap dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengontrol secara rutin kondisi kesehatan jemaah haji dalam dua pekan setelah kepulangan mereka,” terang dia.
Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno, mengatakan pelaksanaan ibadah haji di Ponorogo berjalan dengan lancar dan tertib. Seluruh panitia di lokal hingga di Tanah Suci bekerja secara maksimal untuk melayani seluruh jemaah haji asal Ponorogo dengan baik.
“Semoga menjadi haji yang mabrur dan membawa nilai-nilai agama dilingkungannya masing-masing. Sehingga suasana yang agamis akan membawa kepada ketenteraman kepada seluruh warga masyarakat”, harap Wabup Sudjarno. (YAH)