PDAM PONOROGO BARU LAYANI 16% PELANGGAN AIR BERSIH DI PONOROGO

Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ponorogo terus meningkatkan kualitas layanan untuk masyarakat Ponorogo. Namun, saat ini PDAM baru melayani 16 % atau 17 ribuan pelanggan untuk kebutuhan air bersih di seluruh Ponorogo. Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Teknik PDAM Ponorogo, Mulyadi, ST. di ruang kerjanya, Senin (05/09).
“Untuk itu melalui berbagai program kita targetkan 3 tahun mendatang kita bisa melayani 40% atau 25 ribu pelanggan di Ponorogo”, ujar Mulyadi.
Saat ini kita masih mengerjakan beberapa proyek dengan membangun sumur-sumur baru dan instalasi yang murah untuk masyarakat, khusus di 9 unit kita melayani dengan biaya Rp 100.000,- air sudah mengalir di rumah, dengan air yang memenuhi 4 K (Kualitas, Kuantitas, Kontinyu dan Keterjangkauan), sambung Mulyadi.
“Untuk keluhan masyarakat melalui humas Pemkab kemarin kita sudah upayakan solusi yang terbaik, seperti air yang macet di wilayah Kecamatan Pulung dan Sawoo yang disebabkan oleh kendala eksisting utamanya debit air yang kurang dan faktor jaringan pipa yang perlu re design, untuk itu saat ini kita programkan penyempurnaan sesuai rencana kebutuhan sehingga terpenuhi standar pelayanan minimal”, urai Mulyadi.
Untuk keluhan yang lain yaitu pipa yang bocor dan air yang kotor, hal tersebut disebabkan adanya pembangunan sumur dan pemasngan pompa baru di daerah Ronosentanan Kecamatan Siman. Sehingga efek dari pompa baru ini, pipa yang berusia lama dan cenderung keropos tidak mampu menahan tekanan air, sehingga bocor dan berkerak. Untuk itu solusinya PDAM melakukan flussing (Pengurasan) di malam hari supaya tidak mengganggu pelayanan, jelas Mulyadi.
“Kami usahakan 2-3 bulan ke depan pelayanan PDAM sudah prima dan mampu memberikan kepuasan kepada seluruh warga masyarakat Ponorogo, untuk itu kami atas nama PDAM mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami ucapkan terima kasih atas masukan laporan dan saran yang menjadi koreksi atas kinerja kami”, tutup Mulyadi. (YAH)