TAHUN INI PONOROGO GELAR 23 PILKADES

Tidak ada komentar 807 views

Ponorogo-madiunraya.com

Sepanjang tahun 2016 ini, Kabupaten Ponorogo akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) sebanyak 23 desa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas Pemdes) Kabupaten Ponorogo Drs.Najib Susilo, kemarin.

“Tahun ini akan kita laksanakan, hanya bulannya bergeser, karena kita belum bisa menghitung pasti, berapa hari rangkaian pemilihan kepala desa itu diperlukan, ini masih kita susun Perbupnya, jika sudah jelas, perbup selesai dan akan segera kita laksanakan pilkades”, ujar Najib.

Semuanya ada 23 pilkades, baik pemilihan kepala desa biasa, maupun pergantian antar waktu. Dimana pergantian antar waktu dilakukan dengan musyawarah yang diambil dengan calon warga setempat dengan mengumpulkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan tokoh yang lain, yang mana musyawarah tersebut dipimpin oleh BPD, mereka harus sepakat siapa yang sementara memimpin desa mereka. Masa kerja Kepala Desa antar waktu tersebut sampai masa pemilihan Kepala Desa setempat telah sampai waktunya, sambung Najib.

“Untuk pergantian antar waktu kita lakukan karena kepala desa yang bersangkutan meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan karena sesuatu hal, itu sudah ada dalam perda”, tandas Najib.




Sementara menurut Surono, Kepala Desa Gelang Lor, Kecamatan Sampung, menyatakan,”Walaupun belum jelas kapan waktu pelaksanaan Pilkades dilaksanakan, namun di desa kami sudah rame mas, disini ada tiga calon, saya sendiri juga akan maju lagi, ini sudah sosialisasi”, ujarnya.

Sementara menurut Jemari, warga Sendang, Kecamatan Jambon, mengatakan,”Sayang desa kami belum pilihan mas, ini masih 3 tahun lagi, sebenarnya kami tidak cocok dengan kepala desa kami, namun sementara kita lihat saja, nanti pada saatnya kita akan memilih sosok kepala desa yang cocok bagi kami”, ujarnya.

Sementara Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Ponorogo, Kasmani menyatakan,”PPDI siap mendukung pilkades yang tertib, dan kredibel demi terwujudnya pemerintahan desa yang bersih”, ujar perangkat desa Gupolo ini. (ag 1 n)