Ayah Angkat Mendikbu Muhadjir Effendy Wafat

oleh

MAGETAN, Madiunraya.com – Ayah angkat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Salim Prajoto, yang selama ini tinggal di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, wafat dalam usia 87 tahun.

Salim Prajoto sendiri merupakan guru Muhadjir saat menempuh pendidikan di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Madiun pada tahun 1968.

Putra sulung Salim Prajoto, Agus Romadhan, Kamis mengatakan, ayahnya wafat pada Kamis (28/7) di rumah duka di Desa Jomblang, Kecamatan Takeran, Magetan.

“Bapak (Salim) memiliki hubungan yang dekat dengan Mas Muhadjir. Hubungan mereka sudah seperti bapak dengan anak,” ujar Agus kepada wartawan.

Ia menjelaskan bahwa selama bersekolah di PGAN, menteri yang baru dilantik Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Anies Baswedan tersebut sering tidur di rumahnya yang ada di Jomblang.

“Dia (Muhajjir) dulu sering sekali tidur di rumah. Pokoknya Bapak (Salim) dengan Mas Muhadjir sangat dekat,” kata dia.

Selain itu, Salim Pradjoto sendiri merupakan orang tua kandung dari Prof Bambang Widagdo, guru besar Universitas Muhammadiyah Malang. Hubungan Bambang dengan Muhadjir seperti adik dan kakak.

“Selama menjabat sebagai Rektor Universitas Muhamaddiyah Malang, Mas Muhadjir juga sering berkunjung ke rumah ini,” kata dia.

Hingga kini pihak keluarga almarhum belum mendapat kepastian kabar apakah Menteri Muhadjir atau perwakilan keluarganya akan datang ke Magetan. Setelah dishalatkan, Salim Prajoto dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Rektor Universitas Muhammad Malang Prof Muhadjir dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pendidikan Nasional pada Rabu (27/7). Ia menggantikan Mendikbud sebelumnya, Anies Baswedan. (MR001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *