Desa Gemaharjo Tegalombo Masuk Nominasi Terbaik Nasional

PACITAN, Madiunraya.com – Tinggal selangkah lagi, tekad Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan untuk menjadi desa terbaik akan terwujud. Melalui perjuangan yang panjang, desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo itu masuk nominasi penilaian nasional.

Sebelumnya, Desa Gemaharjo menjadi yang terbaik dalam penilaian provinsi dan kali ini sudah masuk 4 besar tingkat nasional. Jika kembali lolos maka tahap terakhir adalah mengikuti pemaparan di Jakarta untuk memperebutkan yang terbaik.

“Tidak ada juara model arisan. Yang menjadi juara adalah yang benar benar terbaik dari yang terbaik,” Kata Ratna Indriani SH, Ketua Tim Verifikasi Nasional, Selasa (26/7) dilansir laman Pemkab Pacitan.

Menurutnya, dalam penilaian lomba desa tahun ini berbeda dengan tahun seblumnya. Acuanya menggunakan peraturan baru Menteri dalam negeri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Dalam aturan tersebut desa yang berhak mengikuti perlombaan adalah yang desa yang memenuhi syarat mampu berkembang dan cepat berkembang, mempunyai profil desa minimal 2 tahun terakhir serta memiliki peraturan desa (perdes) tentang RPJMdes.

Selain itu dalam verifikasi faktual, tim penilai akan mencocokan administrasi dengan fakta sebenarnya dilapangan. Meliputi program program unggulan dan inovasi baik pemerintahan, kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Sementara Bupati Indartato yakin Desa Gemaharjo memiliki kemampuan untuk menjadi yang terbaik. Ini karena potensi yang dimiliki cukup besar dan inovatif. Belum lagi segudang prestasi yang pernah diraih baik provinsi maupun nasional.

Dibidang pemerintahan Desa gemaharjo telah mampu menciptakan gedung pelayanan masyarakat yang representatif, pelayanan berbasis IT, Ruang informasi melalui Website desa serta program satu kaur satu laptop. Dibidang kewilayahan program unggulanya adalah pengembanagn sapi perah yang bekerjasam dengan perusahaan swasta, pembuatan pupuk organik, KRPL dan program satu RT satu poskamling.

Yang tidak kalah menarik dibidang kemasyarakatan, warga Desa Gemaharjo memiliki peran serta yang cukup kuat. Bahkan nilai swadaya masyarakatnya mampu mencapai Rp.308 juta. Pun demikian dengan aktifitas kelembagaan desanya baik LPMD,PKK,Karang Taruna, Bumdes dan perpustakaan desa.