Waspada, Silet Cukur Bisa Sebabkan HIV/AIDS

Tidak ada komentar 243 views

PONOROGO, Madiunraya.com – Menurut Dokter Awang,”Kebanyakan orang mencukur rambutnya di barber shop atau di tukang cukur di pinggir jalan. Selain praktis, murah dan mudah kita juga bisa memodel rambut kita sedemikian rupa. Namun dengan perilaku yang demikian kita bisa tertular penyakit AIDS, TBC, dan penyakit menular berbahaya yang lain”, ujarnya dengan serius.

Saya banyak menangani keluhan dari calon TKI yang gagal ke luar negeri karena terdeteksi terjangkit menular berbahaya, salah satunya AIDS. Padahal dari pengakuannya dia tidak pernah melakukan hubungan seksual dengan PSK. Setelah beberapa kali kita observasi dan teliti, silet yang digunakan pencukur rambutlah yang menjadi media penyebar penyakit yang berbahaya tersebut, sambung dokter umum tersebut.

“Ketika pengidap AIDS atau penyakit menular berbahaya lainnya mencukur rambut di barber shop, saat pisau silet merapikan rambut kita, mungkin tidak sengaja kulitnya akan tergores dan darahnya menempel di pisau silet tersebut. Selanjutnya pelanggan barber shop yang lain yang akan tertular melalui kuman penyakit berbahaya tersebut yang menempel di pisau silet yang sama, atau si pencukur sendiri yang tertular. Dari situ, isteri atau suami yang tertular secara otomatis juga akan tertular”, jelas dr. Awang.

Untuk itu, mari kita berhati-hati dengan menjaga kesehatan dan berperilaku yang sehat, jangan menggunakan barang yang sudah digunakan orang lain dan usahakan kondisi yang selalu steril, himbaunya.

“Jika akan cukur rambut, hendaknya kita beli atau bawa sendiri pisau silet yang steril dan jangan gunakan pisau silet yang ada di tempat barber shop”, tutupnya. 

Reporter: Yahya