Sekda Jatim Ingatkan Validitas Data LPPD

Tidak ada komentar 57 views

SURABAYA, Madiunraya.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi mengingatkan validitas dan keakuratan data terkait Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) setempat agar dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sangat wajib nilainya data akurat, valid, bahkan reliabel untuk LPPD di Jatim,” ujarnya di sela Sosialisasi Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) 2016 Terhadap LPPD Tahun 2015 di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, data yang valid dan terpercaya merupakan hasil dari proses pendefinisian hingga pengukuran sebuah variabel sesuai kriteria tertentu sehingga tidak menimbulkan ambiguitas bagi pengguna data tersebut.

“Validitas ini terkait dengan kejelasan dan ketepatan sumber data yang disajikan dalam LPPD. Sumber data jelas dan sah akan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap data yang disajikan,” ucapnya.

Di sisi lain, kata dia, data yang tidak memenuhi kedua kriteria tersebut akan berakibat pada kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Ia mengibaratkan, penyampaian data LPPD adalah seperti pilot dan pesawat terbang, yaitu LPPD adalah pesawat yang penuh dengan data-data seperti data ketinggian, arah pesawat, kecepatan, bahan bakar dan menggambarkan secara rinci kondisi pesawat kepada sang pilot.

Kemudian, lanjut dia, dari data tersebut pilot menganalisis dan evaluasi atas data yang ada untuk mengambil tindakan guna mengarahkan pesawat ke tujuan yang telah ditentukan.

“Pesawatnya LPPD, sedangkan pilotnya EKPPD. LPPD menyediakan data atas kondisi real ditengah masyarakat, dan EKPPD memberikan analisis dan informasi terkait kesesuaian arah pemerintahan dengan tujuan yang telah ditetapkan,” katanya.

Secara khusus mantan Kepala Dinas Pendapatan Pemprov Jatim tersebut mengapresiasi kinerja Pemprov Jatim dan pemerintah kabupaten/kota yang berhasil melaksanakan LPPD dengan baik sehingga menerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha.

Sementara itu, turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Sekdaprov Jatim, Kepala Perwakilan BPKP Jatim, Inspektur Provinsi Jatim, Kepala Biro Adminitrasi Pemerintahan Umum Setdaprov Jatim, Inspektur Kabupaten/Kota se-Jatim, Kepala Bagian Pemerintahan Setda se-Jatim, serta Kepala Bappeda se-Jatim.