Pemkab Trenggalek Biayai Operasi Tumor Lidah Balita

Tidak ada komentar 184 views

TRENGGALEK, Madiunraya.com– Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, membiayai operasi di RSUD dr Soetomo, Surabaya. untuk balita bernama Asyifa Elsila Rahma (2,2) yang menderita tumor lidah.

“Balita Asyifa sudah berada di RSUD dr Soetomo sejak sepekan lalu, ” kata Kabag Humas Pemkab Trenggalek Yuli Priyanto di Trenggalek, Sabtu.

Ia mengatakan, respons cepat dilakukan Pemkab Trenggalek setelah tumor di bagian lidah menutup sebagian besar mulut Asyifa menjadi viral di WhatsApp serta Facebook.

Selain memfasilitasi pengobatan ke unit bedah marfologi RSUD dr Iskak, kata Yuli, Pemkab Trenggalek juga menanggung seluruh biaya operasi hingga perawatan Asyifa hingga sembuh.

“Hasil pemeriksaan tim dokter saat dibawa ke RSUD dr Soedomo, Trenggalek menyatakan bahwa tumor yang diderita balita ini tergolong tumor jinak. Lokasinya ada di antara lidah dan kelenjar ludah,” kata dr Vonita, tim dokter RSUD dr Soedomo, Trenggalek.

Vonita memastikan Dinkes Trenggalek bekerja sama dengan tim medis RSUD dr Soedomo akan kontinyu melakukan pendampingan terhadap balita Asyifa.

Dikonfirmasi terpisah, Latif, orang tua Asyifa menuturkan tumor yang diderita putrinya telah muncul sejak lahir.

Namun, kata dia, saat awal kelahiran benjolan pada lidah Asyifa masih sangat kecil dan dianggap sebagai cacat fisik yang normal.

“Anehnya benjolan itu terus tumbuh hingga akhirnya muncul keluar dan menjadi besar,” tutur Latif.

Beberapa upaya medis dikatakan latif sudah dilakukan, di antaranya mengoobatkan balita Asyifa ke RSUD dr Soetomo hingga hampir dua pekan.

Namun karena keterbatasan biaya, kata dia, Asyifa akhirnya dibawa pulang hingga penyakit tumor yang diderita semakin besar dan nyaris menutup mulut mungilnya.

“Kendati sulit, selama ini putri kami masih bisa menerima asupan makanan dan minum,” kata Latif.

Sumber: antara